Home arrow Berita Utama arrow Tes CPNS 23 September, Pembukaan Pendaftaran Belum Ditetapkan

Tes CPNS 23 September, Pembukaan Pendaftaran Belum Ditetapkan E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Tuesday, 13 August 2013

PADANG, METRO-Ujian CPNS dari pelamar umur, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) direncanakan pada 23 September hingga November mendatang. Dengan sistem ini, para peserta tidak bisa main-main lagi. Serta hasil nilainya, bisa diketahui setelah menjawab soal-soal yang keluar di komputer. Sementara, tes dengan menggunakan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), dilaksanakan 29 September.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman mengatakan, Pemprov berharap, tes bagi CPNS dari pelamar umum pemprov bisa menggunakan sistem CAT.  “Kita telah usulkan di APBD Perubahan 2013 untuk bisa menggunakan sistem CAT ini pada tes CPNS dari pelamar umum,” ujar Jayadisman, Senin (12/8).

Meski sudah ada rencana jadwal tes CPNS bagi pelamar umum, namun hingga sekarang, BKD Sumbar belum menerima kapan pendaftaran dilaksanakan. “Untuk pendaftaran CPNS dari pelamar umum, kita belum tahu. Kemungkinan awal September,” ujar Jayadisman.

Dijelaskan, untuk pendaftaran CPNS dari pelamar umum dilakukan secara online. Pendaftaran online ini dengan tujuan agar pelamar tidak bisa mendaftar ke banyak instansi lain, seperti kejadian tahun-tahun sebelumnya. Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu tempat. Semua pelamar akan diberi nomor induk kependudukan (NIK).

Pemprov Sumbar sudah selesai menyusun rincian formasi CPNS dari pelamar umum  yang dibutuhkan tahun ini. Namun rincian formasi yang telah disusun tersebut, mesti disetujui dan ditetapkan dulu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). “Rincian formasi CPNS dari pelamar umur yang diberikan pusat ke Pemprov Sumbar  sebanyak 193 formasi, sudah selesai disusun. Rincian tersebut sudah kita serahkan ke Kemenpan dan  RB menjelang lebaran kemarin,” katanya.

Dari 193 rincian formasi yang diusulkan, terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis. Pemprov butuh tenaga guru mengingat memiliki SMA 1 Padangpanjang, SMK 1 Sumbar dan lainnya, yang tidak pernah mendapatkan jatah menerima guru selama ini.

Sementara, untuk tenaga kesehatan yang diharapkan yaitu dokter umum. Jika dibuka untuk dokter spesialis, tidak ada peminat, seperti pengalaman tahun sebelumnya. Sedangkan tenaga teknis yang dibutuhkan yaitu, bidang ESDM, Prasjal, Pertanian dan Peternakan.

Khusus untuk tenaga honorer kategori 2 (K2), jadwal ujiannya disamakan dengan pelaksanaan CPNS dari pelamar umum. Ujian akan dilaksanakan antarsesama K2 dengan kelulusannya berdasarkan sistem passing grade.

Untuk penerimaan CPNS Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), peserta akan  mengikuti tes psikologis, kejujuran dan integritas pada 26-29 Agustus 2013 di SMK 6 Padang. Bahan ujian untuk kejujuran dan integritas ini berasal dari KPK. “Ada 1.018 peserta dari kabupaten/kota se-Sumbar yang mengikuti tes ini. Sedangkan kuota nasional hanya 2 ribu,” sebut Jayadisman.

Selanjutnya, bila peserta lulus dalam tahapan ini, akan dilanjutkan tes kesehatan oleh RST Reksodiwiryo dan Kesamaptaan oleh Korem. Untuk jadwal kedua tes ini terang Jayadisman, belum ditentukan jadwalnya. “Tes yang dijalani peserta ini menggunakan sistem gugur dengan cara passing grade,” ujar Jayadisman.

Setelah lulus tes kesehatan dan kesamaptaan, peserta akan mengikuti tes akademik yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB. Barulah setelah itu dilakukan tes penentuan akhir (Pantukir) dengan mengulang pemeriksaaan kesehatan fisik dan kesamaptaan serta ditambah dengan wawancara di Jatinangor, Jabar. (uki)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >
Komentar