Home arrow Berita Utama arrow Dua Tewas, 5 Kritis

Dua Tewas, 5 Kritis E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Monday, 29 July 2013

HANCUR— Kondisi travel yang menabrak truk parkir di jalinsum di Air Gemuruh, Sijunjung, Sabtu (27/7) malam, hancur tak berbentuk. Dua penumpang tewas di lokasi kejadian.SIJUNJUNG, METRO-Kecelakaan maut mendekati Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, makin sering terjadi. Tak hati-hati dan ugal-ugalan, nyawa bisa jadi taruhan. Sabtu (27/7) pukul 22.30 WIB, jalan lintas Sumatera (jalinsum) Air Gemuruh, Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, berlumuran darah ketika Travel Armada Bukittinggi BA 1082 RD sarat penumpang, menabrak truk yang parkir.

Dua penumpang yang duduk di sebelah sopir, tewas seketika dengan kondisi mengenaskan. Sementara lima penumpang mengalami luka berat dan kritis. Seluruh penumpang dilarikan warga ke RSUD Sungaidareh. Sementara sopir travel, Nurcahya Wibowo (39) hanya mengalami luka ringan.

Keterangan saksi mata, kuat dugaan, sopir travel melaju dengan kecepatan tinggi dan kehilangan kendali saat menikung. Akibatnya, minibus secara mulus menghantam bagian belakang badan truk Hino BA 9704 TA yang sedang parkir di pinggir jalan lintas Sumatera tersebut.

Pantauan POSMETRO di lokasi kejadian Sabtu malam, minibus berisi 10 penumpang ini, hancur di bagian depan sebelah kiri. Sedangkan bagian belakang sebelah kanan truk Hino yang dihantam juga ringsek.  

Kecelakaan yang mengejutkan warga sekitar ini terjadi begitu cepat. Para saksi tidak melihat laju kendaraan minibus ketika menghantam truk. Mereka hanya mendengar suara dentuman yang begitu keras dan melihat minibus telah terbalik di tengah jalan. Warga setempat langsung mengerubungi kedua kendaraan dan menolong para penumpang. Warga juga mengevakuasi dua penumpang yang duduk di bagian depan yang sudah tewas.

Salah seorang saksi, Jamhur (46) mengaku ia duduk di warung tidak jauh dari lokasi. Saat itu dia hanya mendengar suara dentuman keras. Tidak beberapa lama setelah itu, terdengar suara teriakan minta tolong dari dalam minibus.

“Saya rasa minibus melaju kencang, makanya tidak kelihatan oleh warga yang tengah duduk di dalam warung. Kami hanya mendengar dentuman keras dan teriakan minta tolong,” kata Jamhur.

Beberapa warga yang melihat kejadian tersebut langsung mengevakuasi para penumpang. Saat warga lengah dan menolong penumpang lain, sopir travel mencoba melarikan diri dengan cara bersembunyi ke semak-semak di pinggir jalan. Akan tetapi, tidak lama persembunyiannya sang sopir berhasil ditangkap warga.

Sebagian korban luka-luka dibawa ke RSUD Sungaidareh, Dharmasraya. Sedangkan korban yang tewas dibawa ke Puskesmas Sei Lansek.

Kapolres Sijunjung, AKBP Sugeng Riyadi melalui Kanit Laka Polres Sijunjung, Iptu Heriadi mengatakan travel datang dari arah Sawahlunto melaju dengan kecepatan tinggi. Sesampai di lokasi kejadian, travel menghantam bagian belakang truk dan mengakibatkan dua penumpang tewas.

“Kecelakaan ini dikarenakan kelalaian dari sopir travel. Akibatnya dua penumpang tewas seketika di TKP dan saat ini sopir telah diamankan oleh aparat kepolisian,” tuturnya.

Saat petugas melakukan olah TKP, aparat kepolisian tidak menemukan sopir truk. Diduga kuat setelah melihat tabrakan ini, sopir truk langsung melarikan diri. “Sopir truk sedang dicari, identitas telah diketahui,” katanya lagi. Kemarin, truk dan travel sudah diamankan di Pos Lakalantas di Kamang Baru.

Pengendara Motor Ditabrak Avanza

Sementara, Minggu (28/7) pagi, diduga karena kelelahan dan mengantuk, sopir Avanza BA 1097 EN tidak melihat pengendara sepeda motor Honda Beat BA 3118 KI tengah melintas di Jalan M Yamin, Muaro Sijunjung, sekitar pukul 09.15 WIB.

Akibatnya, pengendara motor Sarjono (64) dan anaknya Revindo Febri langsung terjatuh akibat tabrakan. Sarjono yang mengalami luka parah di kepala, dan langsung di lokasi. Sedangkan Revindo dirujuk ke RSUD Sawahlunto, karena mengalami patah kaki dan luka di kepala.

Mobil Avanza dikemudikan sopir, H, melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Batusangkar. Sesampai di tikungan pendek depan dealer Cempaka Muaro Sijunjung, atau sekitar 10 meter dari kantor bupati, pengemudi hilang kendali hingga menabrak sepeda motor yang dikemudikan Sarjono.

Kapolres Sijunjung AKBP Sugeng Riyadi mengatakan, ini sopir telah diamankan di Mapolres Sijunjung. Sedangkan Avanza dan motor korban diamankan untuk pemeriksaan. “Kasus tabrakan karena pengendara mengantuk dan berujung kecelakaan maut makin meningkat akhir-akhir ini,” kata Sugeng.

Libur Lebaran Pupus

Kemarin, para korban yang dirujuk ke RSUD Sungaidareh Dharmasraya, masih dirawat intensif. Sri Revi (34), guru asal Sibolga yang menaiki travel nahas itu, kondisinya tidak sadarkan diri. Revi dirawat di ruang bedah. Sementara, Taswir (60) orang tua Sri Revi, meninggal di lokasi sebelum sempat dibawa ke RSUD. Korban meninggal lainnya, Yulia Mistati (30), warga Rengat, Riau.

Anizar (75), nenek Sri Revi, yang ditemui di RSUD menyebutkan, sebelum kecelakaan Taswir pergi ke Sibolga hendak menjemput anaknya untuk dapat berlibur lebaran bersama. Dari Sibolga, dia bersama Taswir singgah ke kampung orang tuanya di Sumanik, Tanahdatar. Dari Sumanik, Sri Revi bersama Taswir pergi ke Tembilahan naik travel. “Saat menuju Tembilahan, melewati Kiliran Jao, travel yang membawa cucu saya kecelakaan,” terangnya.  

Selain Sri Revi, juga ada korban lain, Miko (25). Namun, karena kondisi Miko semakin memburuk, korban dirujuk ke RSUD Ahmad Mochtar Bukittinggi. Sementara, Andre (38) dirujuk ke RSUP M Djamil. (cr20/hp)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >
Komentar