Home arrow Metro Sumbar arrow Batagak Penghulu Suku Caniago Nagari Pauh IX

Batagak Penghulu Suku Caniago Nagari Pauh IX E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Monday, 08 July 2013

PADANG, METRO-Suku Caniago Kanagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji batagak penghulu yang dianjuang tinggi, diamba gadang, menyusul pelewaan dan penjamuan Suardi Dt Rajo Bujang sebagai penghulu di tapian Koronggadang, 4-6 Juli.

Alek batagak penghulu ini dihadiri tokoh masyarakat Sumbar Halius Hosen dan Ketua DPRD Sumbar Ir Yulteknil, Camat Kuranji dan niniak mamak salingka Nagari Pauh IX. ”Setelah dilewakan dan dijamukan  Suardi Dt Rj Bujang diharapkan menjadi sebagai suluh bagi anak kemenakan Nagari Pauh IX, Kuranji,” ujar Camat Kuranji M Frengki, kemarin.

Dikatakan, karena sudah dianjung tinggi dan diamba gadang oleh anak kemenakan, kemudian batuah dek sako jo pusako. Maka ke depan keberadaan datuak diharapkan bisa membimbing anak kemenakan di Nagari Pauh IX tidak sajak dari suku caniago, tapi bagi seluruh suku yang ada di nagari ini.

Sementara, Ketua DPRD Sumbar Ir Yulteknil mengatakan, batagak penghulu merupakan kegiatan adat yang harus dilestarikan pada generasi muda Minang. Sehingga mereka pada masa akan datang, tetap menjadi generasi yang berbudaya dan beradat, yang pada akhirnya mereka juga akan menjadi penerus dan pelanjut tongkat estafet pemangku adat ini. “Kalau pasangan sudah terletak di kuduknya, jabatan adat sudah turun padanya, mau tak mau mereka akan menjadi pemangku adat,” ujar Yulteknil.

Yulteknil merupakan anak Nagari Koto Anau Kabupaten Solok juga bersuku caniago menyebutkan, secara historis masyarakat Pauh IX Kuranji berasal dari Solok. Maka dalam hal ini merupakan tanggungjawab dari niniak mamak di Pauh IX untuk menelusuri kembali. Sehingga kekerabatan antara anak Nagari Pauh IX dan Solok tetap terjaga.

Ditambahkan, ninik mamak tidak selalu bisa menempatkan kalimat ereng jo gendeng di era globalisasi ini, terutama bagi investor yang mau menanamkan modalnya. “Kepada investor ini ninik mamak harus memakai kalimat buka kulit tampak isi, tidak kalimat bermisal dan berumpama,” ujar Yulteknil.

Kemudian, ninikmamak harus membentengi dirinya dengan mengikuti kemajuan teknologi, sehingga ninikmamak tidak tergiling teknologi dan zaman, terutama kemajuan teknologi informasi. Selain itu,  ninikmamak jangan hanya meningkatkan ilmunya di bidang adat dan agama saja, juga meningkatkan ilmu di berbagai disiplin ilmu.

Tokoh masyarakat Sumbar Halius Hosen batagak penghulu sudah sesuai dengan kajian yang dalam adat disebut,batagak penghulu sepakat suku, batagak raji sepakat alam. Semua ini tak terlepas dari melestarikan budaya dan adat sebagai Rangminang. “Semua ini tentu sudah melalui  kajian alua jo patuik,” ujar Halius. (boy)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >