Home arrow Metro Padang arrow Hanya Syamsuar yang Aman

Hanya Syamsuar yang Aman E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Friday, 28 June 2013

GUNUNG SARIK, METRO-Hanya bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali Kota Padang dari jalur perseorangan, Syamsuar Syam-Mawardi yang hampir dipastikan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada, dengan dukungan minimal 4 persen dari jumlah penduduk, 36.544. Sementara, enam bapaslon lainnya, meski menyerahkan dukungan awal melebihi persyaratan, pascaverifikasi faktual (vertual), harus melengkapi lagi dengan syarat dua kali lipat.

Mereka yang harus bekerja ekstra keras demi pencoblosan 30 Oktober, meski tetap dapat mendaftar pada 1-6 Juli mendatang adalah, Maigus Nasir-Armalis dengan klaim dukungan 60.000, Ibrahim-Nardi Gusman (39.216), Kandris Asrin-Indra Dwipa (37.500), Desri Ayunda-James Hellyward (40.835), Indra Jaya-Jefri Hendri Darmi (36.544) dan Asnawi Bahar-Surya Budhi (40.000). Sayang, KPU Padang belum mem-publish berapa kekurangan dukungan ke-enam Bapaslon itu.Sementara, tiga pasangan lain, Mega Hariyanto–Haynes Ade (60.000), Jafrinur-Indra Syarif (45.000) dan Yanel Rittan-Sofia Hariani (60.000) telah gugur dalam tahap verifikasi administrasi. Dukungan yang mereka klaim tak cukup syarat minimal. Nama terakhir, Yanel Rittan tengah memerkarakan KPU Padang ke Badan Pengawas Pemilu dan berencana ke Kepolisian. Dekan Fakultas Peternakan Unand, Jafrinur, juga masih mencari ”tiket” lain dengan mendaftar ke Partai Golkar.

Koordinator Divisi Perencanaan Teknis dan Penyelenggaraan KPU Padang, M Sjahbana Sjams menyebut, satu bapaslon tersebut memiliki dukungan lebih dari jumlah dukungan minimal (36.544). Namun, ketika ditanyakan siapa pasangan tersebut, dia enggan menyebutkan, meski sudah santer terdengar di lapangan. ”Kami lihat dulu apakah ada kewajiban KPU mempublikasikannya atau tidak, KPU harus berhati-hati memberi keterangan,” katanya.

Boim —sapaan Sjahbana, tak menampik, enam bapaslon masuk dalam kategori tidak memenuhi pasangan minimal. Mereka diberi kesempatan memenuhi jumlah dukungan. Soal jumlah kekurangan yang diminta KPU, menurutnya, sudah diberitahukan kepada semua pasangan, agar mereka bisa segera bekerja. ”Mereka masih bisa mendaftar dengan syarat harus menyerahkan dua kali lipat kekurangan dukungan. 6-12 Juli, akan diteliti penambahan dukungan,” katanya. Menurutnya, jumlah dukungan tersebut juga masih akan diverifikasi oleh PPS, PPK, KPU, dengan tetap melakukan klarifikasi kepada instansi terkait.

Menurutnya, 13-14 Juli, akan diberitahukan kepada pasangan calon perseorangan mengenai hasil penelitian persyaratan administrasi pasangan calon perseorangan. 15-28 Juli mereka harus melengkapi atau memerbaiki surat pencalonan berserta persyaratan pasangan calon yang belum lengkap. Dukungan tambahan, diserahkan tanggal 29-4 Agustus.

”Jumlah itu harus dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang dinyatakan KPU. Selanjutnya akan dilakukan kembali verifikasi administrasi dan faktual dari dukungan tambahan dengan metode kolektif sejak 10-23 Agustus. Lalu, dilakukan kembali penelitian ulang dan selanjutnya berita acara hasil penelitian itu pada tanggal 24-25 Agustus,” tutupnya.

Panwaslu Menunggu

Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu Padang, Afrilda Sari mengatakan, masih menunggu data bergerak berdasarkan laporan dari Panwascam. Sampai kemarin, masih 7 kecamatan yang memberikan datanya kepada. Dari data sementara, memang banyak dari calon yang tidak memenuhi kouta minimal untuk bisa maju dari jalur independen.

”Panwascam berjanji akan menyerahkan hari ini (kemarin-red). 7 calon yang ada, hanya satu yang memenuhi syarat minimal 4 persen atau 36.544  yakni Syamsuar Syam-Mawardi Nur. Akan tetapi, sebaiknya ditunggu pergerakan data dan besok hasil fix akan diumumkan” katanya.

Dari laporan, memang di saat rekapitulasi vertual banyak sekali ditemukan dukungan ganda. Dengan begitu dipastikan kepada masyarakat akan memberikan dukungan kepada pasangan calon yang mana. Sehingga konsekuensinya akan menggugurkan dukungan bagi pasangan calon lainnya. ”Kami menunggu pleno KPU 29 Juli. Kondisi real di lapangan juga didapatkan banyaknya dukungan dari TNI, Polri dan PNS sehingga harus dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” kata dia. (cr21)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >