Home arrow Metro Sumbar arrow Pesisir arrow Panwaslu Pasbar Belum Temukan Pelanggaran

Panwaslu Pasbar Belum Temukan Pelanggaran E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Tuesday, 21 May 2013

PASBAR, METRO-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasbar belum menemukan pelanggaran dari partai politik yang memasang iklan kampanye berupa spanduk, baliho atau lainnya.

”Kami mulai melakukan pengawasan terhadap kegiatan partai politik dan sejumlah bakal calon legislatif. Jika ditemukan melanggar aturan, maka segera ditindak tegas,” kata Ketua Panwalsu Pasbar, Elvi Sukaisih kepada POSMETRO, Selasa (21/5), kemarin.

Dia mengatakan, tempat yang dilarang melakukan kampanye melalui pemasangan spanduk, baliho dan pamflet adalah sarana ibadah, perkantoran dan sekolah. Jika ada yang memasang gambar calon di lokasi itu maka akan ditindak. ”Tiga lokasi itu harus menjadi tempat yang steril dari segala bentuk kampanye. Kepada semua parpol dan caleg harus memerhatikan larangan ini,” ujar Elvi.

Menurutnya, pelarangan melakukan kampanye di tempat yang dinyatakan steril itu sudah disosialisasikan kepada semua peserta pemilu. Baik bersifat imbauan, melalui surat dan sosialisasi secara langsung. ”Hingga saat ini kami belum menemukan pelanggaran dari parpol dan caleg. Namun, kita perlu mengingatkan sehingga tidak terjadi pelaggaran aturan,” terang Elvi.

Sementara itu, Ketua KPU Pasaman Barat Yondrizal, mengatakan pihaknya saat ini melakukan pemuktakhiran data pemilih untuk pemilihan umum legislatif yang akan dilaksanakan pada 2014.

Dia mengatakan, pemuktakhiran data pemilih mengacu pada data pemilih tetap pemilihan kepala daerah tahun 2010 sebanyak 238.295 orang. Namun, berdasarkan data dari pemerintah kabupaten telah terjadi peningkatan jumlah pemilih.

”Berdasar data itu maka kuota calon legislatif juga naik dari 35 menjadi 40 kursi. Peserta pemilu hanya 10 partai politik,” kata Yondrizal.

Sedangkan daerah pemilihannya tetap dibagi empat, yakni dapil I tetap 10 kursi, dapil II 12 kursi, dapil III 10 kursi dan dapil IV 8 kursi. (en)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >