Home arrow Metro Padang arrow HTT Baralek Gadang

HTT Baralek Gadang E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Friday, 22 February 2013

PONDOK, METRO-Sedikitnya, 750 orang anggota organisasi sosial dan kebudayaan Hok Tek Tong aka Himpunan Tjinta Teman (HTT), bakal mengawal arak-arakan 7 buah kio yang diiringi 150 buah lampion pada perayaan Cap Go Me 2564, Minggu (24/2) besok. Tarian naga dan barongsai, juga akan tampil menghibur, di acara yang juga dimaksudkan sebagai pembukaan perayaan 150 tahun berdirinya HTT.

“Pencanangan perayaan 150 tahun ini, akan dilakukan Tuako HTT, Feryanto Gani dengan mengambil tema ‘Satu Langkah untuk Berkarya dengan Semangat Tjinta Teman.’ Kio dan 150 lampion itu akan diarak keliling Pondok,” ungkap Ketua Umum Pelaksana Perayaan HUT 150 Tahun HTT, Syirwan Hamzar, Jumat (22/2).

Rute arak-arakan itu dimulai dari Klenteng, Jl Niaga, Jl Hos Cokroaminoto, Jl Pulau Karam, Jl Batangarau dan kembali ke Klenteng. “Arak-arakan ini akan dimulai pukul 16.00 WIB pada hari Minggu itu. Kita mengharapkan kehadiran seluruh elemen masyarakat Padang dan Sumbar pada umumnya, untuk menyaksikan pesta budaya ini,” harap Syirwan Hamzar.

Didampingi ketua harian Andre Virgo dan Albert Hendra Lukman (humas), Syirwan mengatakan, HTT merupakan organisasi sosial dan kebudayaan etnis Tionghoa tertua di Sumatera, berdiri sejak 1863. HTT memiliki anggota sebanyak 5 ribu orang, dimana 66,7 persen di antaranya tercatat sebagai anggota aktif di HTT Pusat (Padang-red). Cabang HTT lainnya ada di Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Pekanbaru dan Sibolga.

Organisasi ini memiliki kegiatan utama, memberikan pelayanan kepada anggota dalam penyelenggaraan pemakaman, pelayanan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma serta membantu ekonomi anggota yang membutuhkan.

“Di dalam program kemasyarakatan, HTT juga turut serta mengembangkan dan membina beberapa cabang olah raga Sumbar seperti basket, badminton, wushu dan judo. Di bidang kesenian, juga mengembangkan seni olah ketangkasan seperti Barongsai dan Permainan Naga. Beberapa binaan ini, telah mampu berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Syirwan.

Dikatakan, di antara rekor yang diciptakan itu yakni Rekor MURI 2009 untuk Sepasan terpanjang yakni 150 meter dan perarakan Kio terbesar di dunia. “Sepasan tersebut mengangkut 200 anak dengan pakaian nasional dan mancanegara yang digotong oleh 300 orang anggota senior HTT,” tambah Albert yang juga anggota DPRD Padang 2009-2014.

HTT berdiri pada 23 Agustus 1863. Pada perayaan Cap Go Me yang merupakan hari ke-15 perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia, pada 2013 ini HTT tepat berumur 1,5 abad. Berbagai kegiatan juga akan digelar, dalam memeriahkan 1,5 abad HTT ini.

Seperti, arak-arakan, pembukaan perayaan 10 tahun HTT dan perayaan Cap Go Me 2564 pada Minggu (24/2). Kemudian, digelar kejuaraan badminton tingkat umum dan anggota HTT (4-17 Maret), wushu open turnamen se-Sumbar (5-7 April), kejuaraan bola basket antar klub se-Sumbar (15-28 April).

Kemudian, modern dance competition tingkat pelajar dan umum (27-28 April), jalan santai keluarga besar HTT (12 Mei), bakti sosial donor darah (Juli 2013), bazaar (10-20 Agustus), festival budaya (22 Agustus). “Rangkaian acara ini, akan ditutup dengan acara puncak dan penutupan 150 tahun HTT pada 23 Agustus nanti,” Syirwan Hamzar.

Ditambahkan Albert, tujuan dari serangkaian kegiatan ini seperti meningkatkan rasa kebersamaan melalui dasar cinta teman, meningkatkan kesadaran partisipasi anggota dalam semua kegiatan perkumpulan dan menyadari pentingnya arti bermasyarakat dalam mengembangkan potensi diri dalam kehidupan yang serasi dengan sesama.

“Tujuan lainya menjalin rasa persaudaraan yang lebih baik dengan sesama anggota HTT dan kelompok serta masyarakat luas serta menikmati kegembiraan bersama atas kenangan indah dalam perayaan 150 tahun HTT ini,” terang Albert. (cim)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >