Home arrow Metro Sumbar arrow Februari, Anggaran Mitigasi Bencana Turun, Pembangunan Shelter Dimulai Maret

Februari, Anggaran Mitigasi Bencana Turun, Pembangunan Shelter Dimulai Maret E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Thursday, 07 February 2013

PADANG, METRO-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Syamsul Maarif memastikan, anggaran untuk pembangunan shelter (tempat evakuasi sementara) 2013 di Sumbar, akan turun pada Februari ini. Diperkirakan, pembangunan shelter dari bantuan BNPB Pusat tersebut akan mulai dilaksanakan pada Maret atau April 2013.

“Untuk di Sumbar, dibutuhkan sekitar 300 hingga 400 shelter yang bisa menampung sebanyak 300 ribu orang dari Pesisir Selatan hingga ke Pasaman. Untuk itulah, shelter di Sumbar, dicicil pembangunannya,” terang Syamsul saat sosialisasi rangkaian kegiatan latihan penanggulangan bencana internasional 2013-2014 di Hotel Mercury, Kamis (7/2).

Tahun ini, anggaran digelontorkan BNPB untuk bencana Sumbar sebesar Rp400 miliar dari total Rp1 triliun yang dialokasikan untuk bencana seluruh Indonesia. Sisa anggaran bencana yang ada, digunakan untuk daerah lainnya yang memiliki ancaman gempa dan tsunami seperti, Cilacap, Pacitan, Lumajang, Banyuwangi, Flores, Bali, Lombok, Palu dan Papua. “Namun anggaran ini, selaian untuk shelter, juga digunakan untuk pelatihan-pelatihan,” tukas Syamsul.

Syamsul menjelaskan, pembangunan shelter dilakukan setiap radius 500 meter. Sebab, bila terjadi gempa, sejak terjadinya goncangan tersebut, masyarakat punya waktu sekitar 35-40 menit untuk menuju lokasi evakuasi sementara (shelter). Bila lari menjauh ke arah selatan seperti Bypass, akan menimbulkan kemacetan. Ditambah lagi bila ada tsunami yang, maka air gelombang ini akan  datang dengan cepat.

Syamsul juga mengapresiasi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno  dalam membimbing masyarakat untuk menyediakan tanah atau masjid sebagai shelter. Seperti, di tanah kosong yang ada di Bandara Tabing akan dibangun shelter vertikal yang bisa menampung 30 ribu orang.  Bila tak ada gempa, shelter vertikal ini bisa digunakan untuk lapangan voli, sepakbola atau tempat kesenian. “Dengan adanya shelter vertikal ini, masyarakat tidak usah pindah. Gunakanlah shelter itu untuk latihan-latihan,” sebutnya.

Adanya kegiatan latihan penanggulangan bencana internasional ungkap Syamsul, sebagai upaya pengurangan resiko dari ancaman nyata  dari bencana. Untuk itu, peningkatan kesiapsiagaan dilakukan melalui latihan bersama yang melibatkan banyak pihak yang terkait untuk memperkuat sistem peringatan dini dan sistem komando tanggap darurat bencana. (uki)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >